Mengenal Spesies Bunga Mawar

1 komentar
Mengenal Spesies Bunga Mawar - Assalamualaikum, Alhamdulillah sahabat semua kita berjumpa lagi dalam artikel kami. Dimana Alloh SWT senatiasa memberikan sahabat Dunia Pena dalam kesahatan jasmani dan rohaninya, aamiin.

Baiklah kali ini Dunia Pena akan membahas tentang dunia hewan yaitu dengan tema Mengenal Spesies Bunga Mawar yang berdasarkan Definisi, Karakteristik, Macam. Langsung saja ulasan materinya dibawah ini.

Definisi


Mengenal Spesies Bunga Mawar


Ada lebih dari 100 jenis mawar, dan kebanyakan dari mereka adalah semak-semak yang bisa mencapai 2-5 meter. Namun, ada juga yang tergolong tanaman merambat yang bisa tumbuh hingga 20 meter.

Tanaman mawar digolongkan sebagai tanaman tingkat tinggi karena memiliki benih tertutup. Tanaman dikotil memiliki batang kayu dan tanaman akar, yang dapat ditingkatkan karena mengandung kambium.

Nama Latin mawar adalah Rosa sp dari genus Rosaceae dengan taksonomi berikut.

Mawar berasal dari dataran Eropa Timur, Timur Tengah dan Cina. Terlepas dari kenyataan bahwa batang ditumbuhi duri, keindahan bunga mengubah mawar menjadi tanaman hias yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Beberapa jenis mawar dapat menghasilkan buah yang dikenal sebagai rose hips. Karena tingginya kandungan vitamin C, pinggul mawar banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kosmetik.

Karakteristik Spesies Bunga Mawar


Karakteristik Spesies Bunga Mawar


Setiap jenis mawar memiliki karakteristiknya sendiri, seperti warna, pola dan pola yang muncul pada kelopaknya. Namun, ada beberapa karakteristik umum yang ditemukan pada semua jenis tanaman mawar, yaitu:


  • Fuctus (Biji dan Buah).
  • Bunga.
  • Folium (Daun).
  • Caulis (Batang).
  • Radix (Akar).

Macam-Macam Spesies Bunga Mawar

Secara umum, mawar dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar: mawar pinggul, mawar taman tua dan mawar taman modern. Setiap kelompok memiliki karakteristik sebagai berikut.

Mawar Delight Ganda

Nama kenikmatan ganda diberikan karena bunga ini memiliki campuran dua warna dan dua aroma. Warna bunga akan berubah tergantung pada jumlah sinar matahari yang diterima. Ketika matahari berlimpah, putih akan berubah menjadi merah mulai dari tepi tutupnya.

Keunikan lain dari mawar kenikmatan ganda terletak pada aromanya, yang merupakan campuran dari aroma jeruk dan buah-buahan pedas. Dengan pertumbuhan 90-150 cm, tanaman ini menghasilkan bunga dengan diameter 10 cm dengan total 30 kelopak.

Mawar Sunsprite

Bunga ini juga dikenal sebagai corresia atau beku. Corresia diambil atas nama penemu, yaitu Reimer Cordes, dan Frisia diambil dari kata Friesland, nama tempat asal Reimer Cordes. Sunsprite dikenal sebagai spesies mawar harum.

Tanaman Sunsprite Rose dapat tumbuh mencapai ketinggian 70-40 cm dan kebal terhadap penyakit dan hama. Bunganya mempunyai diameter sekitar 8 cm, dan ketika mekar pada bulan Juni-September, bunga-bunga ini akan memancarkan aroma yang sangat kuat.

Mawar Eden

Mawar ini memiliki nama lain, Pierre de Ronsard, karena terinspirasi oleh nama penyair Renaisans dan merujuk pada puisi populer yang ia ciptakan, Mignonne, allons voir si la rose.

Untuk mawar ini sangat membutuhkan cahaya matahari dan air yang cukup. Tinggi pada tumbuhan ini dapat mencapai 330 cm, mawar Eden akan mekar dari akhir musim semi ke akhir musim panas.

Mawar Kubis

Mawar ini tumbuh merayap, sehingga bisa digunakan sebagai tanaman hidup, yang akan menambah keindahan halaman rumah. Untuk tumbuh dengan baik, Anda perlu menyiapkan dukungan untuk tanaman. Mawar kubis akan mekar setiap musim semi atau musim panas.

Mawar ini sangat populer karena, selain bentuk bunga yang indah, aromanya juga sangat kuat. Sayangnya, menanam mawar kol cukup rumit dibandingkan dengan mawar biasa. Bunga ini membutuhkan tempat khusus untuk pertumbuhan dan mudah terkena penyakit atau hama.

Mawar Musk

Mawar ini akan mekar dari akhir musim semi ke musim gugur. Saat mekar, bunganya memancarkan aroma musk, begitu kuat sehingga bisa dirasakan dari kejauhan. Tidak mengherankan jika bunga ini digunakan sebagai bahan untuk pembuatan parfum.

Ciri khas musky mawar adalah bahwa di bawah biji di bawah pulpa ada rambut. Ketika terkena kulit, rambut ini dapat menyebabkan iritasi, dan ketika digunakan, itu dapat mempengaruhi saluran pencernaan.

Mawar Taman Modern

Selama ini, mungkin Anda tahu jenis mawar tergantung pada warnanya, misalnya mawar merah, putih, kuning, biru, bahkan hitam. Bahkan, ada banyak jenis mawar yang sangat terkenal dengan kecantikan atau aromanya, misalnya berikut ini.

Mawar Taman Kuno

Kelompok mawar taman kuno ini dikenal bahkan sebelum pertengahan abad ke-18 dan diproduksi melalui persilangan. Karakteristik mawar, yang digolongkan sebagai mawar emas tua, memiliki bentuk yang kompleks dan indah serta memiliki aroma yang harum.

Mawar Liar

Sesuai namanya, kelompok mawar ini tumbuh di alam liar dan telah ada sejak zaman kuno. Seperti tanaman liar lainnya, mawar liar sangat tahan terhadap hama dan tidak mudah mati.

Dilihat dari bentuknya, mawar liar sangat sederhana, tetapi dalam kecantikannya mereka tidak kalah dengan kelompok merah muda. Bahkan, karna kesederhanaannya, bunga ini begitu sangat populer di kalangan pencinta mawar.

Sampai sinilah materi kita kali ini. Semoga sahabat dunia pena bisa memahami apa yang sudah di bahas dari materi tentang Mengenal Spesies Bunga Mawar. Sampai bertemu di artikel yang terbaru dan terupdate dari kami. Salam Senyum.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar