Mengenal Spesies IKan Arwana

Mengenal Spesies IKan Arwana - Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana kali ini Dunia Pena akan membahas tentang dunia hewan yaitu dengan tema Mengenal Spesies Ikan Arwana, yang berdasarkan Definisi, Ciri Khas, Macam. Langsung saja ulasan materinya dibawah ini.

Definisi

Mengenal Spesies Ikan Arwana


Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan air tawar paling populer, termasuk untuk tumbuh, karena nilai ekonomi yang tinggi ini bervariasi. Harga ikan arwana tergantung pada jenis, ukuran dan karakteristik daya tarik utama.

Populasi dan distribusi ikan arwana ditemukan di berbagai belahan dunia, di Amerika Selatan, Amerika Selatan, Afrika, Asia, dan bahkan di Australia. Ikan arwana, banyak tersedia di Indonesia, termasuk dalam kategori Asia Arwana, yang memiliki karakteristik sendiri.

Ikan arwana sedang diperdagangkan. Namun, ada beberapa spesies ikan yang dianggap langka dan dilindungi.

Ciri Khas Ikan Arwana

Ciri Khas Ikan Arwana


Secara morfologis (ciri fisik) tubuh dan kepala Arwana agak padat, badannya rata dan punggungnya rata, hampir lurus dari mulut ke sirip punggung.

Garis lateral atau garis lateral terletak di sisi kiri dan kanan tubuh sepanjang 20-24 cm. Bentuk mulut diarahkan ke atas dan memiliki sepasang tentakel di bibir bawah. Ukuran mulutnya lebar, dan rahangnya cukup kuat. Giginya bernomor 15-17.

Insang dilengkapi dengan penutup insang. Lokasi sirip punggung dekat dengan pangkal sirip ekor. Sirip dubur lebih panjang dari sirip punggung, hampir mencapai sirip perut (panjang dinding perut orang dewasa) sangat panjang, dari 30 hingga 80 cm. Bentuk tubuh datar dan ular bersisik besar sangat baik ketika berenang di akuarium.

Ditambah lagi, pertumbuhan dua tentakel di ujung bibir bawah membuat ikan ini terlihat seperti singa atau naga. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa beberapa orang menyebutnya Kimlimong atau Ikan Naga Emas. Seperti naga, Arvan juga dianggap sebagai simbol kesuksesan, kekuatan, dan kemuliaan.

Macam-Macam Ikan Arwana

Berikut beberapa macam ikan arwana yang berdaasarkan karakteristiknya, yaitu:

Arwana Perak

Arwana Perak memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang, mulai dari bagian tengah tubuh hingga ujung ekor, kesan yang sangat elegan tercipta saat berenang. Arwana ini dapat tumbuh hingga 50-60 cm.

Jenis ini berasal dari Amerika Selatan, tetapi sekarang dapat dibiakkan di Indonesia. Memang, harga arovan jenis ini lebih murah daripada jenis giardini. Tetapi jika arovana besar ini sangat cantik dalam penampilan.

Arvana Giardini

Warna utamanya adalah hitam kecoklatan dengan bintik-bintik kuning hingga emas di tengah sisik, bahkan di kepala (pipi) hingga sirip dan ekor juga ada bintik-bintik kuning. Giardini berasal dari Australia, meskipun ia sering ditemukan di Pulau Irian. Karena itu, jenis ini juga kadang-kadang disebut hobi Arowana Irian.

Arwana Jardini sebenarnya memiliki dua jenis warna, yaitu warna primer yang lebih gelap dan lebih terang. Warna dasar yang lebih gelap adalah Scleropqges Jardini, dan yang lebih terang adalah Scleropqges Leichharti.

Arwana Banjar Merah

Dapat dikatakan bahwa ini adalah arovan merah tingkat 2, dan diketahui bahwa arovan merah itu bukan varietas murni. Penampilannya ditunjukkan oleh sirip yang oranye pucat, ekornya oranye atau kuning dan tidak memiliki warna merah pada tubuh atau pipinya. Sepintas, Pink Banjar sangat mirip dengan Pink Arowana, jadi tidak jarang membodohi hobi baru. Banjar juga ditandai oleh bentuk kepala, yang cenderung bulat dengan mulut yang tidak terlalu tajam.

Arwana Hijau

Ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Combodia, serta di beberapa tempat di Indonesia. Variasi dalam penampilan dan warna dapat ditemukan di setiap wilayah. Namun, secara umum, dapat dikatakan bahwa keseluruhan adalah warna abu-abu kehijauan dengan pola garis-garis gelap di bagian ekor. Kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih bulat daripada spesies arovan Asia lainnya.

Arwana Merah Keemasan ( Golden Red)

Ini adalah berbagai arvana emas, yang sering disebut arvana emas Indonesia. Varietas ini ditemukan di Pecan Baru, Sumatra. Tidak seperti Cross Back Golden (CBG), warna emas dalam varietas ini tidak akan berkembang sampai melewati bagian belakang, tetapi hanya mencapai deretan keempat bobot (deretan bobot dihitung dari bawah, perut), atau lebih baik untuk mencapai baris kelima.

Seperti versi crossback, warna dasar skala RTG bisa biru, hijau atau emas. Demikian pula, warna bibir, ekor dan sirip dari kedua spesies ini memiliki karakteristik yang sangat mirip. RTG muda memiliki warna lebih redup dibandingkan dengan varietas muda bagian belakang.

Arwana Emas (Golden)

Varietas ini ditemukan di berbagai tempat di Malaysia, seperti Perak, Terengganu, Danau Bukit Mera dan Johor. Oleh karena itu, mereka sering diberi julukan sesuai dengan tempat asal mereka, misalnya, Golden Pahang, Bukit Mera Blue atau emas Malaysia.

Ini disebut salib kembali, karena varietas ini, sebagai orang dewasa, memiliki warna emas penuh sampai melewati punggungnya. Varietas ini relatif mahal dan bahkan lebih tinggi daripada yang lain, karena jarang.

CBG dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan warna dasar timbangan: ungu, biru, emas dan perak. Arwana Emas dengan warna dasar emas dikenal untuk mencapai warna yang lebih penuh pada usia yang lebih muda dibandingkan dengan varietas lainnya.

Arwana Super Red

Arwana berasal dari berbagai tempat di provinsi Kalimantan Barat, misalnya, dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum, yang dikenal sebagai habitat super-merah (Chili dan darah-merah). Perairan ini adalah hutan gambut yang menciptakan lingkungan primitif untuk ikan purba ini.

Namun demikian, kondisi mineral, lingkungan air gambut (black water) dan jumlah cadangan makanan yang memadai telah menyebabkan pengaruh yang baik pada evolusi warna ikan yang dimaksud.

Pengaruh geografis juga menyebabkan berbagai variasi morfologis ikan ini, seperti tubuh yang lebih luas, kepala berbentuk sendok, warna merah yang lebih intens dan warna primer yang lebih pekat.

Warna merah penuh muncul pada sirip ikan muda, di bibir dan tentakel. Seiring bertambahnya usia, merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, terutama pada penutup insang dan di tepi sisik, sehingga tubuh ikan akan menjadi merah.

Sampai sinilah materi kita kali ini. Semoga sahabat dunia pena bisa memahami apa yang sudah di bahas dari materi tentang Mengenal Spesies Ikan Arwana artikel ini. Sampai bertemu di artikel yang terbaru dan terupdate dari kami. Salam Senyum.
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar